• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Anak susah makan, Atasi Dengan Tips Ini

Anak susah makan menjadi suatu problem tersendi bagi para orang tua, meskipun banyak cara yang sudah dilakukan agar asupan dizi anak dapat terpenuhi dan anak dapat tumbuh dengahn sehat.

Brikut ini Tips Atasi Anak Susah Makan yang saya kutip dari okezone.com.

Sajikan secara menarik
Jangan mencampuradukkan makanan. Pisahkan nasi dengan lauk-pauknya. Hias dengan aneka warna dan bentuk. Jika perlu, cetak makanan dengan cetakan kue yang lucu.

Jangan beri camilan padat kalori jelang jam makan pada Anak susah makan
Hal itu mengakibatkan anak yang susah makan tidak merasa lapar. Seperti memberinya permen, minuman ringan, cokelat, hingga camilan ber-MSG. Akibatnya, ketika jam makan tiba, anak sudah kekenyangan.

Luangkan waktu untuk menyuapi anak susah makan
Bagi Anda yang bekerja, luangkan waktu sebentar saja, tapi berkualitas untuk menyuapi anak. Sebab, sebenarnya anak-anak sangat mengerti bila ibu atau bapaknya bekerja.

Buat suasana hatinya tenang dan nyaman dahulu
Berikanlah kepuasan psikis kepada anak yang sesuai dengan usianya dan buatlah agar suasana hatinya senang, misalnya anak makan sambil jalan-jalan, melihat kereta api, dan lain-lain.

Variasikan menu makan anak
Anak tidak mau makan mungkin karena bosan. Jika perlu, buat menu makan anak minimal selama sepekan untuk mempermudah mengatur variasi makan.

Hindari minum susu terlalu banyak pada Anak susah makan
Susu di banyak keluarga dianggap sebagai makanan dewa yang bisa menggantikan makanan utama, seperti nasi, sayur, dan lauk-pauknya. Orangtua cenderung kurang sabar memberikan makanan kasar. Atau orangtua sering takut anaknya kelaparan sehingga makanan diganti dengan susu. Akhirnya, daripada perut si anak tidak kemasukan makanan, diberikan saja susu secara berlebihan.

Libatkanlah anak untuk menyiapkan makanan
Misalnya dengan meminta pertolongannya untuk mengambilkan buah atau sayur di pasar swalayan maupun membantu menyiapkan meja makan. Selain itu, anak Anda memerlukan contoh dari orangtuanya.

Semoga dengan tips diatas anda dapat mengatasi masalah Anak susah makan.

Berkaitan dengan Anak susah makan, Atasi Dengan Tips Ini:

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar