• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Kuliner khas Jogja Bong Kapitown, nuansa penjara




Rumah makan yang unik ini awalnya hanya ada di Jekardah alias Jakarta, tapi sekarang sudah buka cabang lho di Jogja. Jadi yang ingin merasakan makan ala-ala penjara dapat berkunjung ke daerah Sagan, yang berada di jalan Sagan Kidul 4 Yogyakarta. Untuk sampai ditempat ini, jika perjalanan yang ditempuh dari arah selatan, perempatan galeria lurus terus sampai ketemu jalan masuk ke kanan. Masuk aja sekitar 100 m, jalan itu disebelah gift shop.

Tapi jika perjalanan yang ditempuh dari arah utara, bisa lewat bundaran UGM kemudian lurus ke selatan dan terus belok ke kiri (jalan ke arah Restoran Bumbu Desa) terus lurus sampai mentok ketemu pertigaan, kemudian belok ke kanan terus lurus sampai ketemu Huis Hotel. Letak kuliner khas Jogja Bong Kapitown berada disebelah Sagan Huis.
 

Restoran Bong Kapitown ini adalah milik Bong Chandra, yaitu seorang motivator yang sukses. Nah konsep yang diambil yaitu merasakan kenyamanan makan didalam penjara, tapi tentunya penjara yang menyenangkan. Mottonya adalah “ The happiest prisoner on earth.” Tentu seneng dong karena lidah kita dimanjain dengan makanan-makanan yang lezat.

Selain mempunyai keunikan bangunan, di tempat ini juga masih mempunyai keunikan-keunikan lainnya. Buku menunya disesuaikan juga dengan keadaan di penjara. Jadi bentuk buku menunya tidak berbentuk buku tapi berbentuk seperti koran. Selain daftar menu, dalam buku tersebut juga ada cerita tentang tiga buronan yang dalam pencarian namun akhirnya menyerahkan diri karena makanan yang disediakan dipenjara tersebut sangat enak.

    
Jika penasaran silahkan berkunjung kesana, dan anda akan merasakan menjadi narapidana. Tapi jangan salah, tentunya menjadi nara pidana yang menyenangkan karena anda akan dilayani oleh narapidana-narapidana yang lain. Kostum narapidana dikenakan oleh para pelayannya. Unik kan?

Apa saja menu yang disediakan? 

   
Menu yang dipilih disini adalah resep-resep Medan dan Singkawang, tentunya sangat cocok untuk lidah Indonesia. Menu yang ditawarkan beragam lho.. ada Rendang, bermacam-macam mie, bebek dan masih banyak pilihan menu lainnya. Selain makanan utama, juga disediakan berbagai macam snack dan minuman. Dari info yang didapat, semua masakan diolah secara manual jadi rasanya beneran pas untuk lidah orang Indonesia.
 
Makanan yang ditawarkan di Restoran ini ada bermacam-macam. Kita simak yuk apa saja menunya.

 









 1. Ote-ote
  


Makanan ini seperti Jalakote kalau di Sunda namun bedanya Jalakote ini menggunakan bahan aci yang diisi dengan potongan tahu. Namun ote-ote bahan yang digunakan adalah kulit pangsit yang diisi dengan ebi dan sedikit tambahan maizena yang sudah dicampurkan atau bisa menggunakan tepung aci. Ote-ote ini mempunyai rasa yang gurih, lengkap dengan kulitnya yang cispy dan ada rasa asinnya dari ebi yang ada didalamnya.

2. Singapore Laksa Noodle
  

Kalau menu yang satu ini mempunyai porsi yang besar. Bahkan mangkuknya juga besar tidak seperti mangkuk pada umumnya. Mie yang digunakan juga berukuran cukup besar. Rasanya gurih dan dan kuahnya berwarna kuning bersantan, selain itu kuahnya sepertiada campuran susu/krim jadi tambah gurih dan mantap. Campuran mie yang digunakan adalah setengah telur rebus, kecambah dan juga baso ikan.

3. Pontianak Crab Noodle

  
Menu Pontianak Crab Noodle ini setiap pesan, anda akan disuguhi 2 mangkok. Mangkok satu berisi mie, beserta pelengkapnya potongan crab, baso ikan, daging ayam cincang, udang, dan pangsit goreng. Nah mangkuk yang satunya lagi berisi kuah yang diberi bumbu bawang jadi membuat kuahnya lebih gurih dan sedap. Kuah sama mienya memang sengaja disendirikan ya penyajiannya.

4. Ubi Goreng Bumbu Tabur
  

Camilan manis, sweet potato mungkin mengingatkan kita pada sweet potato Shihlin-Taiwan. Yah bisa dibilang menu yang satu ini mirip-miriplah.tapi dari keduanya mempunyai perbedaan rasa. Mungkin yang ada di Taiwan itu kayu manisnya lebih berasa dan bumbu asin gurihnya mantap. Tapi kalau di Bung Kapitown ini ukuran ubinya lebih besar dan lebih empuk.

5. Choco Peanut Butter
  
Minuan ini memang sangat lezat. Rasanya yang manis dan gurih ini membuat ketagihan para pengunjung untuk mencoba lagi. Serbuk coklat yang ditambah dengan air es serta es batu dan ditambah dengan selai kacang kemudian diblender. Yummy banget rasanya...

6. Hot Chocolate with Marsmallows

Hot Chocolatenya lumayan lah rasanya, tapi unik lho karena Hot Chocolatenya dicampur dengan tambahan marsmallow daan ada tambahan bubuk kayu manis (cinnamon).

Jam buka Restoran Bung Kapitown ini dari jam 10 pagi smapai 12 malam setiap hari. Meskipun tempatnya terlihat sangat elegan tapi harga menu-menunya sangat terjangkau lho sekitar IDR 6k- IDR 35k.

Jika anda ingin merasakan menjadi narapidana yang bahagia yuk berkunjung ke Bong Kapitown. Alamatnya ada di Jalan sagan kidul 4, Yogyakarta.

Telp (0274) 589 333

Website : http://www.bongkopitown.com/

Sosmed

Facebook : Bong Kapitown

Twitter : @BongKapitown

Instagram : @bongkaitown

Berkaitan dengan Kuliner khas Jogja Bong Kapitown, nuansa penjara :

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar