• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Jogjakarta Parang Endog


Jika Anda ingin menikmati senja sore hari dan dapat melihat matahari tenggelam secara langsung, ada beberapa tempat pilihan di Jogjakarta. Yang sering kita kenal jika ingin melihat indahnya sunset adalah di Istana Ratu Boko atau di Bukit Bintang. Tetapi, tahukah Anda tentang Bukit Parang Endog?

Jika Anda belum pernah dating ke tempat wisata ini, cobalah sekali-sekali untuk menikmati indahnya senja di sore hari. Bukit Parang Endog adalah salah satu tempat pilihan di Jogja yang cocok untuk melihat sunset secara langsung. Memang dari namanya tidak terlalu sering kita dengar jika dibandingkan dengan Istana Ratu Boko atau Bukit Bintang. Tapi, suasana senja yang disuguhkan tidak kalah indah juga lho.


Hampir sama dengan Bukit Bintang karena sama-sama dapat melihat matahari tenggelan di ketinggian. Namun, jika dari bukit ini selain kita bisa menikmati indahnya senja,kita juga bisa melihat indahnya laut selatan yang luas bak tak ada batasnya. Puncak dari keindahan yang mempesona adalah ketika matahari yang tenggelam melewati garis horison dengan jelas bisa kita amati. Untuk lokasinya sendiri berada di timur pantai Parang Tritis, pantai yang paling terkenal di pariwisata Jogja. 


Parang Kusumo dan Depok akan terlihat seperti satu garis dengan Pantai Parang Tritis jika kita saksikan dari atas bukit ini.Sebenarnya Bukit Parang Endog difungsikan sebagai landasan paralayang tetapi karena disana belum ada rental paralayang maka jarang sekali digunakan. Dan setiap setahun sekali, bukit ini digunakan event-event tertentu, contohnya Jogja Air Show di Parang Tritis dan Parang Kusumo. Kemudian selebihnya, tempat ini hanya digunakan untuk menikmati pemandangan laut dan melihatmatahari tenggelam.
 


Bukit Parang Endog secara administratif sebenarnya sudah masuk ke Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di desa Girijati Kecamatan Purwosari. Jika ingin ke sana, anda harus melewati jalan yang menuju ke Wonosari. Kalau Anda bingung dengan jalannya, bisa ditanyakan lokasi bukit ini ke petugas loket Pantai Parang Tritis. Pastikan untuk menanyakan lokasi bukitnya. Karena kalau tidak, Parang Endog mempunyai dua objek yaitu pantai dan bukit


Jika Anda sudah memasuki pantainya, maka harus keluar dulu menuju jalan raya yang mengarah ke bukit Parang Endog. Anda harus berhati-hati ketika menyusuri jalan menuju Bukit Parang Endog. Karena jalan menuju kesana lumayan menanjak, apalagi jika Anda bepergian d musim penghujan. Ada beberapa anakan tangga yang sengaja dibuat untuk mengakses agar sampai ke puncak bukit. 

Waktu yang sangat dianjurkan untuk datang kemari yaitu sekitar pukul 3 sore, dan silakan nikmati pemandangan yang ada dihadapan Anda. Siapkan handphone atau kamera untuk mengabadikan kunjungan Anda bersama keluarga, teman atau pasangan. Anda hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk retribusi parkir kendaraan, dan selebihnya gratis tanpa ada pungutan biaya tambahan.

Berkaitan dengan Wisata Jogjakarta Parang Endog:

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar