• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Jogjakarta Hutan Pinus Mangunan



Bukit Hutan Mangunan dan Hutan Pinus yang Mempesona



 Banyak yang mempertanyakan kenapa kedua nama objek wisata tersebut harus digabung ya. Ya karena memang dua objek wisata tersebut berada di lokasi yang tidak jauh. Cukup dengan menempuh perjalanan yang kurang lebih 15 menitan, bahkan bisa lebih cepat juga tergantung dengan situasi jalan. Karena jalan yang akan ditempuh memang sedikit berkelok-kelok, ya karena lokasinya berada di daerah yang berbukit-bukit.

Lalu letak pas dari bukit mangunan dan hutan pinus dimana ya? Kalau untuk Bukit Mangunan sendiri berada di kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta. Dan letaknya tidak terlalu jauh juga dengan pusat kota Jogjakarta. Intinya jika Anda berada di Kota Jogjakarta, langsung cari saja arah ke Imogiri timur. Atau bisa juga Anda langsung menuju kearah ring road selatan. Banyak petunjuk arah yang sengaja dipasang oleh petugas untuk mempermudah perjalanan wisatawan.



Lalu arah jalan imogri timur kemana? Anda cukup mengikuti jalan tersebut sampai Anda menemui pasar Imogiri. Dari pasar Anda cukup jalan lurus dan hati-hati karena jalan akan semakin menanjak. Kemudian dari tanjakan tersebut Anda akan menemui jalan bercabang 2 arah, Anda ambil arah yang belok kanan. Mudah sekali arah menuju ke sana. Jika masih bingung, tanya saja ke penduduk sekitar atau cari arah jalannya dengan menggunakan GPS.

Bukit Mangunan memang lebih dekat jika dibandingkan dengan Hutan Pinus kalau Anda ambil dari arah Imogiri. Karena kalau Anda menginginkan ke Hutan Pinus jalanan yang akan dilalui lebih menanjak lagi. Suasana yang dihadirkan pun dingin seperti di daerah pegunungan. Selain suasananya yang dingin, ketenangan dapat Anda dapatkan di sini karena jauh dari pusat kota yang ramai.



Yang kita bahas terlebih dahulu adalah Mangunan, karena di Mangunan ini terdapat 2 macam tempat yang dapat Anda tuju. Yaitu tempat perkebunan buah-buahan dan juga view yang mirip sekali dengan Green Canyon di Amerika sana. Meskipun hanya kecil tidak seluas yang ada di Amerika juga sih tapi lumayan juga untuk membuat para pengunjung terkagum-kagum. Hanya dengan membayar Rp 5.000 saja Anda sudah bisa menikmati kedua objek-objek wisata yang ada. Bagi Anda yang menginginkan suasana alam dan hijau bisa berkunjung ke tempat ini.



Objek wisata yang benar-benar hijau, segar dan jauh dari polusi udara. Yang paling menarik adalah alur sungai yang berkelok-kelok seperti jalur ular yang dikelilingi oleh hutan yang hijau. Tempat ini sangat cocok sekali untuk jalan-jalan karena lokasinya yang luas dan Anda bebas mau duduk santai dimana saja. Bahkan bagi Anda yang gemar foto-foto, lokasi ini cocok sekali karena viewnya memang pas untuk pengambilan foto. 

Dari sini Anda juga bisa melihat pantai selatan yang terlihat dari garis-garis pantai dan ombaknya yang kecil-kecil. Pokoknya pemandangan yang disuguhkan tidak akan membuat Anda kecewa. Perlu Anda ketahui juga bahwa di bagian bawah sana di sekitar sungai sebenarnya ada tempat yang tak kalah menarik juga. Terdapat jembatan gantung, sawah, dan pemukiman warga. Tetapi masalahnya belum ada jalur untuk bisa turun ke bawah. Mungkin ini salah satu tantangan bagi Anda yang gemar berpetualang. 

Kayaknya memang asyik dan sangat menantang adrenalin juga karena sepertinya belum banyak orang yang mencoba untuk turun ke sana. Setelah Anda puas berfoto-foto dan jalan-jalan melihat pemandangan yang ada, bisa langsung berkunjung ke kebun buah. Pada saat musim buah, biasanya tempat ini dipadati oleh pengunjung karena buah yang dihasilkan juga banyak. Tapi kalau belum musim buah juga biasanya sepi pengunjung juga. 



Nyatanya juga lumayan juga pengunjung yang datang, ya berwisata sambil mencicipi dan memetik buah sendiri sesuai keinginan kita. Setelah puas jalan-jalan di Mangunan, boleh langsung Anda teruskan perjalanan Anda naik ke Hutan Pinus. Hutan ini adalah hutan homogen yang hanya ada pohon pinus saja di dalamnya. Tempat ini terlihat unik dan sangat menarik bagi pengunjung karena keseragaman dari pohon pinus tersebut. 

Suasana yang tenang dan nyaman dapat Anda rasakan di hutan ini. Dan yang pasti bersih dari sampah dan segar udaranya bebas dari polusi kota. Sehingga tepat ini sering diburu untuk dijadikan lokasi foto model ataupun tempat ngobrol biasa dengan keluarga, teman maupun pasangan.

untuk Anda yang hanya sekedar ingin refreshing, tempat ini bisa dijadikan alternative juga. Selain lokasi yang tidak jauh, jalannya mudah untuk dilalui serta tidak memerlukan biaya yang fantastis juga untuk menikmati keindahan pemandangan di sana. Dan masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berikut kutipan dari masing-masing objek wisata:

KELEBIHAN :

Mangunan :

1. Ada kebun buahnya sehingga dapat merasakan asyiknya main di perkebunan.

2. Tempat yang luas, tempat yang cocok untuk jalan-jalan dan olahraga naik turun bukit.

3. View yang ada tidak biasa.

4. Cukup menarik untuk foto-foto.

Hutan Pinus :

1. Lokasi yang pas untuk foto-foto, khususnya untuk model bahkan pre-wedding.

2. Udaranya dingin.

3. Teduh juga sehingga membuat pengunjung betah untuk berlama-lama.

Dapat disimpulkan bahwa kedua objek tersebut memiliki kelebihan yaitu letaknya yang tidak jauh dengan pusat kota, serta jalan yang dilalui mudah untuk kendaraan bermotor maupun roda 4 dan terutama hemat bensin dan murah.


KEKURANGAN :

Mangunan :

1. Lokasinya belum ada tempat yang terbuka untuk berkumpul para wisatawan, sehingga tempat yang disediakan tidak efisien.

2. Kurang diperhatikannya tentang kebersihan. Seperti halnya tempat wisata yang lain di Jogja, yang pada awalnya saja terlihat booming.

Hutan Pinus :

1. Karena hampir sebagian besar pengunjung adalah kalangan anak muda sehingga menyalah gunakan tempat wisata sebagai sarana untuk berpacaran. Dan petugas pun kurang berperan aktif dalam kenyamanan lokasi wisata.

Pesan untuk Anda yang berkunjung ke sana :

1. Jangan lupa membawa bekal dari rumah, khususnya air minum.

2. Karena jalan yang lumayan berkelok dan menanjak hati-hati untuk Anda yang mabok kalau naik mobil.

3. Agar foto yang dihasilkan bagus, mungkin harus memilih pakaian yang tepat juga.

Okay, cukup berkesan juga berkunjung kesana. Lokasi yang dekat dansensasi yang diberikan pun berbeda juga. Penasaran kan? Selamat mencoba ya, ingat jaga kondisi dan jaga pula kebersihan lokasi wisata agar tetap terjaga kelestariannya ya. a

Berkaitan dengan Wisata Jogjakarta Hutan Pinus Mangunan :

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar