• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Jogjakarta Pantai Timang, Adrenalin Tertantang di Atas Karang

  

Liburan ke Kota Gudeg kalau hanya maen ke Parangtritis sih kurang gregetin. Bagi kalian yang pernah tinggal ataupun sering berkunjung di Kota Jogja, pasti tahu betul tentang pantai-pantai yang berada di selatan kota pesonanya biasa-biasa saja kan? Ternyata, pantai-pantai yang memiliki pesona yang luar biasa berada di deretan pantai di Kabupaten Gunung Kidul.

Nama Gunungkidul sudah populer ya, jangan sampai Anda baru mendengar nama ini. Yups, salah satu dari pantai-pantai mengagumkan itu adalah Pantai Timang, Gunungkidul. Banyak hal seru yang bisa Anda dapatkan di sana, selain pesona alamnya namun pengalaman seru dan memacu adrenalin juga ditawarkan di pantai ini. 


 


Alamat Pantai Timang berada di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus dan masuk ke dalam daftar administrasi Kabupaten Gunungkidul. Pantai yang diketahui dengan bebatuan terjal ini memiliki jarak kurang lebih 35 kilometer dari ibukota kabpaten, yaitu Wonosari. Lumayan jauh juga sih, apalagi kalau ditempuh dari pusat Kota Jogja.


Tapi, rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan deburan ombak yang indah di Pantai Timang. Pokoknya, kunjungan Anda ini akan begitu berkesan dan dijamin tidak bakal rugi. Di samping itu, Anda juga bisa sekalian mengunjungi pantai-pantai tetangganya, seperti Pantai Jogan, Pantai Siung, Pantai Nglambor, Pantai Pok Tunggal, Pantai Ngetun, dan Pantai Seruni.

Kereta Gatung di Pantai Timang
 



Kereta gantung? Masak iya di pantai ada kereta gantung? Nah, penasarankan. Itulah keseruan yang ditawarkan oleh Pantai Timang ini. Pantai Timang menantang para traveler untuk membuktikan seberapa besar nyali nya untuk menyeberangi karang yang pasti berombak besar hanya mamakai godola/kereta gantung tradisional dan digerakkan oleh tenaga manusia. Anda akan menyeberangi dari bibir pantai menuju sebuah pulau bernama Pulau Watu Panjang dengan gondola yang ditarik. 


Gondola terbuat dari kayu dengan tali tambang, asli dibuat oleh warga. Penggunaan dengan tali tambang bermaksud agar lebih kuat menerjang air laut yang korosif jika dibanding dengan sling yang dibuat dari baja/besi. Sebenarnya, gondola kayu tersebut tidak digunakan untuk fasilitas penunjang wisata yang khusus disiapkan oleh pemerintah. Alat tersebut biasanya digunakan oleh para nelayan setempat untuk memburu lobster, salah satu primadona produk unggulan oleh warga setempat.

Lobster, Primadona dari Pantai Timang
 



Biaya yang ditarik untuk sekali menyeberang dipatok harga sebesar Rp 200.000. Padahal di awal sekali sebelum Pantai Timang ini ramai dikunjungi, untuk menyeberang menggunakan kereta gantung tanpa dipungut biaya alias gratis. Namun karena semakin hari semakin ramai dan warga melihat potensi yang ada kemudian warga pun mengkomersilkannya. 


Untuk harga memang cukup mahal, ini dikarenakan tenaga yang digunakan untuk menarik gondola tersebut menggunakan tenaga asli manusia yang berkeahlian khusus. Jadi jangan dilihat dari nominal uangnya ya, tapi jaminan dari pengalaman yang bakal didapat lebih berharga kok. Anda tidak bisa menjumpainya di pantai-pantai lain juga lho.

Lokasi dan Transportasi Penunjang ke Pantai Timang
Pantai Timang kurang dikenal oleh masyarakat disebabkan karena pantai ini memang digarap tidak untuk obyek wisata. Jadi sangat wajar, jika lokasi Pantai Timang ini sulit untuk ditemukan oleh para wisatawan. Disarankan untuk menggunakan kendaraan bermotor jika ingin mengunjungi pantai ini. Selain efisien, gerakan yang gesit bisa memudahkan Anda dalam perjalanan. Jika dari arah Wonosari, carilah arah menuju Jalan Baron. Dan sesampainya di pertigaan Mulo, ambil belok kiri kea rah Pantai Siung, kemudian dilanjutkan sampai menjumpai pasar Dakbong. 


Dari tempat ini, Anda bisa bertanya kepada warga setempat jalan yang mengarah menuju Pantai Timang. Jika Anda sudah memutuskan untuk berkunjung ke sini silakan menggunakan pakaian dan sepatu yang safety. Karena Anda harus bersiap untuk menempuh perjalanan berupa jalan batuan terjal sepanjang 5 kilometer dan yang pasti menguras tenaga dan harus berhati-hati. Jadi bawa bekal yang penting-penting saja, terlebih lagi air minum yang harus siap sedia.

Tips Berlibur ke Pantai Timang
Perjalanan yang dipenuhi dengan bebatuan terjal, otomatis keringat akan mengucur begitu derasnya. Rasa haus dan lapar pasti terus menemani perjalanan Anda. Jadi disarankan untuk membawa bekal yang bisa dibawa sejak awal dari Jogja atau beli bekal di Wonosari yang relative masih mudah untuk menemukan mini market. Jangan terlalu banyak juga membawa bekalnya, karena cukup membutuhkan tenaga ekstra juga.

GPS di smartphone harus dimanfaatkan kalau tidak mau menyasar. Karena ini bisa sedikit membantu untuk menemukan Pantai Timang. Anda bisa memasukkan koordinat pantai S8⁰10’36” E110⁰39’44 ( -8.760078, 110.6652895) di Google Map atau petunjuk arah lainnya. Bertanya ke warga dan melhat petunjuk arah tentu saja masih tetap dibutuhkan demi keakuratan infomasi.

Berkaitan dengan Wisata Jogjakarta Pantai Timang, Adrenalin Tertantang di Atas Karang :

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar