• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Jogjakarta Pok Tunggal


Pantai Pok Tunggal adalah Pantai yang Cocok untuk Kemping

Sejak tahun 2012 silam, pantai ini sudah mulai bisa dijangkau oleh para wisatawan. Entah itu wisatawan dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Yang pasti jarak tempuh dari Wonosari sekitar 50 km. kenapa kok bisa dinamakan dengan Pantai Pok Tunggal ya? Perlu diketahui juga bahwa pemberian nama ‘poktunggal’ berawal dari sebuah pohon Duras besar yang hidup sendiri dan sampai sekarang masih berdiri kokoh di pantai ini. 


Dan keberadaan pohon ini menjadi cirri khusus dan keunikan tersendiri dari pantai Poktunggal Gunung Kidul ini. Di pantai ini terdapat pemandangan pantai yang landai dengan pasir putih yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan olah raga pantai seperti volley pantai, tracking tebing, sunset bahkan bisa dijadikan destinasi makan malam romantic di pinggir pantai.




 





 


Di pantai ini juga sudah banyak disediakan tenda-tenda untuk para wisatawan yang ingin menginap. Ini adalah salah satu alasan bagi pengelola pantai yang sengaja tidak membangun tempat penginapan agar para wisatawan bisa merasakan kealamian pantai dengan menginap di tenda-tenda. Dan tidak lengkap bila menikmati keindahan pantai tanpa melihat keindahan matahari tenggelam.
 


Pemandangan lain yang disuguhkan oleh pantai ini adalah banyak tebing tinggi yang berbaris bediri menjulang gagah setinggi sekitar 50 m dan sangat cocok untuk olah raga panjat tebing. Dan di sekitar tebing karang tersebut juga masih banyak dijumpai binatang-binatang liar hutan seperti monyet liar yang seringkali melompat keluar dari balik tebing bagian timur.

Dan uniknya lagi, di pantai ini terdapat sumber mata air tawar yang mungkin bersumber dari aliran sungai bawah tanah yang banyak dipakai oleh masyarakat-masyarakat, kebutuhan warung-warung dan kamar mandi yang sudah menjadi swadaya bagi masyarakat sekitar.

Lokasi dari Pantai Poktunggal sendiri berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Jogjakarta.

Untuk mengakses tiket paket wisata 8 pantai yang meliputi Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Krakal, Drini, Sundak, Pulang Syawal, dan Poktunggal sebesar Rp 4.000,- (januari 2014). Murah kan?

Harga Tiket

Sesuai aturan Perda Kabupaten Gunungkidul No.17 Tahun 2013, dan per tanggal 31 Januari 2014 sudah diberlakukannya tiket masuk obyek wisata untuk kawasan Pantai Baron, Kukup, Sepanjang, Krakal, Drini, Sundak, Pulang Syawal dan Poktunggal sebesar Rp 10.000,-. Harga masih terbilang sangat terjangkau bila dibandingkan dengan keindahan yang bisa kita nikmati.
 
 


Di kawasan pantai juga menyediakan tenda dome dengan tarif Rp 60.000,- dan untuk penyewaan payung pantai sebesar Rp 20.000,-. Hanya ada di sini Anda bisa mendapatkan kenyamanan serta fasilitas yang tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai lain di Indonesia.

Di Pantai Poktunggal juga difasilitasi dengan area parkir, Kamar Mandi dan WC Umum, Musholla, Payung Pantai, Tenda Dome, dan Warung Kecil. Sehinga memudahkan wisatawan dalam berwisata.
 




Dan bagi Anda yang hobi camping, Pantai Poktunggal adalah tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi. Anda bisa menikmati suasan malam ditemani oleh deburan pantai yang saling berkejaran serta aroma khas pantai yang alami. Dan mungkin Pantai Poktunggal bisa menjadi salah satu daftar paket wisata Anda yang patut dikunjungi.


Berkaitan dengan Wisata Jogjakarta Pok Tunggal :

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar