• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Tempat Wisata di Jogja yang paling dicari


Banyak orang yang merekomendasikan tempat wisata di Jogja yang biasanya tidak jauh dari Malioboro, Keraton, dan sekitarnya. Dan mungkin Anda sudah pernah bahkan berkali-kali mengunjungi tempat tersebut. Lalu yang biasanya Anda tahu tentang wisata yang paling terkenal di Jogjakarta pasti Candi Borobudur dan Prambanan, Pantai Parangtritis, Malioboro, Keraton Jogjakarta dan yang terkenal lainnya.

Kota Jogjakarta telah dikenal sebagai Kota Pariwisata, pesona keistimewaan Jogja memang berada di titik-titik yang menjadi pusat keramaian pengunjung. Berbeda jika untuk para petualang dan pengelana sejati, bila ditawarkan sesuatu yang sangat mainstream justru cenderung membosankan.



Lagi pula, banyak tempat-tempat yang menarik di Jogja yang masih jarang diketahui oleh banyak orang, tidak populer, tetapi pesona yang ditawarkan juga tak kalah menariknya jika dibandingkan dengan tempat-tempat wisata yang sudah banyak dikenal. Kami akan memberikan informasi tentang surga-surga yang tersembunyi di Jogja agar cerita liburan Anda akan lebuh berkesan dan up to date diantara kawan yang lain.

1. Snowboarding Gumuk Pasir di Pantai Parangkusumo


 

Pernah kan Anda mendengar olahraga Snowboarding? Yups, olahraga Snowboarding yang biasa dilakukan kalau musim salju. Namun, yang dimaksud di sini bukan olahraga yang menggunakan media salju ya, melainkan media pasir pantai di gumuk pasir Pantai Parangkusumo. Kok bisa ya? Tempat wisata kali ini masih berada di pesisir pantai selatan Jogja. Dan yang ditekankan ketika Anda berkunjung di sini bukanlah keindahan pantainya yang ditawarkan, melainkan olahraga Snowboarding gaya baru yaitu sandboarding. Anda bisa mencoba snowboarding tanpa media salju, diganti dengan gumuk pasir. Di dunia hanya 2 gumuk pasir. Yaitu di Meksiko dan di Pantai Parangkusumo Jogja ini. Di sini Anda bisa mencoba sensasi nya menuruni bukit pasir dengan papan seluncur yang dijamin keamanannya bahkan bagi Anda yang pemula. Bagaimana tidak, toh meski pun Anda jatuh kan di pasir bukan aspal ya. Bagi yang gemar olahraga ini bisa datang kemari tidak usah pergi Meksiko dulu lho.

2. Panjat Tebing di Pantai Siung Jogja
 


Tempat wisata yang selanjutnya ini , anda perlu menempuh perjalanan melalui pesisir pantai Jogja, sampai Anda menemukan pantai yang bernama Pantai Siung. Untuk kondisi pantai, hampir keseluruhan pantai di Jogja tak jauh berbeda kondisi nya, akan tetapi yang menjadi hidden paradise atau surga tersembunyi di sini adalah tebing-tebing tinggi dan curam di bibir pantai yang dapat Anda panjat. Serius? Bagi anda yang hobi panjat tebing, ini adalah destinasi wisata yang patut dicoba. Karena pantai ini memiliki daya tarik yang sangat luar biasa. Adrenalin Anda akan meningkat saat celah-celah tebing yang dipanjati berpadu dengan panorama alam laut selatan yang biru diiringi dengan deburan ombak yang saling berkejaran di bagian bawah tebing. Ada sekitar 250 jalur panjat tebing yang bisa Anda pilih. Jangan terlalu banyak berfikir, segera bergegas yuk ke pantai Siung Jogja.

3. Gondola Tradisional di Pantai Timang
 


Pesona keindahan pantai di Jogja adalah tempat wisata pertama yang paling populer. Namun, pantai yang dimaksud di sini bukanlah pantai yang biasa Anda lihat pada umumnya melainkan pantai yang memiliki segi keunikan tersendiri. Dan tempat wisata yang berupa pantai unik ini akan anda temukan di Pantai Timang. Pertama kali melihat kondisi pantai ini memang mirip seperti pantai-pantai selatan pada umumnya, yaitu memiliki ombak besar dan tebing-tebing yang curam serta berkarang-karang. Eits, jangan salah lho! Hal yang sangat istimewa dan bisa memacu adrenalin Anda ketika berkunjung ke pantai ini adalah adanya gondola tradisional yang dibuat dari tali dan pancang kayu biasa yang terpasang untuk Anda naiki jika berminat menyeberangi laut agar sampai di pulau karang di seberang pantai. Nelayan biasanya menggunakan gondola ini untuk berburu lobster di pulau karang dengan ombak yang tingginya minimal 5 meter. Wow, ekstrem ya? Tapi, tenang saja, gondola yang digunakan aman kok karena pengelola selalu mengecek nya setiap hari. Penasaran? Anda harus mencobanya dahulu baru komentar ya.

4. Pantai Berpasir Putih Pok Tunggal
 


Mungkin sebagian dari Anda pernah mengungkapkan kekecewaan Anda akan kebanyakan tempat wisata di Jogjakarta terutama pantai, tak seindah yang diimajinasikan karena kebanyakan memiliki pasir abu-abu. Akan tetapi, kekecewaan Anda tidak akan Anda jumpai bila sudah berkunjung ke salah satu pasir putih di Jogja ini, Pantai Pok Tunggal. Keberadaan dari Pantai Pok Tunggal sendiri memang masih tersembunyi (meski pun sekarang sudah semakin banyak pengunjungnya), untuk bisa sampai ke tempat ini Anda bisa memakai kendaraan untuk menyelusuri sisi timur Pantai Indrayanti. Yang menjadi simbol dari pantai ini adalah adanya pohon Duras. Pohon yang hanya mempunyai pangkal pohon atau pok satu saja, sehingga sudah menjadi sejarah dalam pemberian nama Pok Tunggal pada pantai yang indah ini. Pemandangan yang disajikan sungguh tidak mengecewakan.

5. Peninggalan Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari
 

Untuk Anda yang sangat menggemari berbagai peninggalan sejarah peradaban Hindu kuno yang dahulu sempat menguasai tanah Jawa, jadi Anda wajib mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Tempat ini dikenal dengan nama Candi Sambisari. Dan lokasinya sendiri berada di dusun Purwomartani. Jika dilihat sekilas mungkin candi ini terlihat biasa-biasa saja. Namun yang unik dari candi ini dan menarik banyak perhatian adalah letaknya yang lebih rendah sekitar 6,5 meter dibandingkan dengan lahan di sekitarnya. Apalagi untuk memasuki candi ini, Anda sama sekali tidak dipungut biaya se persen pun alias gratis! Sehingga candi ini menjadi salah satu surga wisata yang tersembunyi. Hampir sama dengan candi-candi yang ada di Indonesia, identik dengan relief yang artistik bisa Anda temukan di sekitar Candi Sambisari. Apalagi dengan adanya patung Dewi Siwa dan Dewi Durga yang sangat eksotis, bisa Anda jumpai di candi ini yang awalnya hanyalah area persawahan dan para ahli purbakala mulai memugar candi ini pada tahun 1996.

6. Cave Tubing di Goa Pindul







Cave Tubing atau kegiatan untuk menyelusuri gua, pernahkah Anda mencobanya? Bagi Anda yang gemar sekali dengan kegiatan cave tubing, maka kami sarankan untuk mengunjungi tempat wisata di Jogja yang terbaik yaitu Goa Pindul. Goa Pindul adalah salah satu goa yang sejak jutaan tahun lamanya terbentuk dari proses batuan karst sehingga membentuk goa dan terdapat juga sungai bawah tanah yang sangat menggoda. Ada 2 pliihan bagi Anda yang berkunjung di sini. Pertama, hanya ingin menyelusuri goa atau yang kedua menikmati sungai bawah tanah bersama rombongan dengan difasilitasi ban karet, pelampung, dan sepatu karet. Goa Pindul sebagai surge tersembunyi ini memang sedang naik daun, sehingga banyak pengunjung atau wisatawan yang selalu memadatkan tempat ini. Tempat wisata ini berada di daerah Gunungkidul, DIY. Tidak sulit untuk bisa sampai ke sana. Perjalanan bisa ditempuh dengan sepeda motor, mobil pribadi maupun transportasi umum.

7. Berwisata ke Pabrik Gula Madukismo
  


Pernahkah Anda berfikir bahwa seringkali kita menikmati makanan dan minuman yang secara langsung tersedia di atas meja makan, tanpa tahu bagaimana proses makanan dan minuman tersebut dibuat. Contohnya saja, gula yang setiap hari kita konsumsi untuk kopi, teh, kue dan lain-lainnya, bagaimana ya proses pembuatan menjadi gula? Seperti apa tanaman aslinya? Di mana pembuatan nya? Dan semua pertanyaan Anda tersebut bisa ter jawab di salah satu tempat wisata berikut, yaitu Pabrik Gula Madukismo. Tempat ini memang berbasis agro industri yang akan menyuguhi kita tentang proses pembuatan gula dari tebu sampai menjadi gula yang setiap hari kita konsumsi. Lokasinya sendiri berada di Kasihan, Bantul. Dan jika Anda ingin berkunjung ke sana, disarankan pada bulan Mei sampai September, karena di bulan-bulan tersebut adalah musim penggilingan. Unik ya, jadi sudah ada jadwal untuk kunjungan nya ya. Karena jika Anda berkunjung selain bulan-bulan tersebut, maka tidak akan menjumpai proses penggilingan.

8. Desa dan Hutan Wisata Kalibiru
  


Di Kabupaten Kulonprogo dan tepatnya di pegunungan Manoreh, terdapat destinasi wisata alam yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Kalibiru, nama yang akhir-akhir ini mungkin sudah sering Anda dengar. Salah satu desa dan hutan wisata yang dijadikan ekowisata namun belum banyak orang mengetahui tentang tempat ini. Jika Anda menyukai trekking dengan latar pepohonan yang hijau dan sangat alami tentunya, Hutan Wisata Kalibiru lah pilihannya. Tidak hanya untuk menikmati pemandangan alam dan udaranya yang sejuk saja namun, Anda juga bisa mengabadikan moment-moment tersebut dengan kamera maupun handphone Anda. Dijamin rasa lelah Anda akan terbayar semua deh!

9. Air Terjun Sri Getuk
  


Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu pesona keindahan air yang terjun bebas ke bawah yang terus mengalir meski pun pada saat musim kemarau. Tempat wisata ini berada di Gunungkidul. Tepatnya di Desa Wisata Blebean, di ngarai Sungai Oya. Anda bisa mampir ke tempat wisata ini yang kebetulan pulang dari Pantai Siung dan hendak kembali ke Jogja. Tidak ada salahnya juga kan?

10. Kesejukan dan Kesegaran Hutan Pinus Mangunan
  


Pernahkah Anda merasakan bahwa dunia ini semakin hari semakin panas? Hampir seluruh kota di dunia, termasuk di Jogja juga. Banyak tempat wisata yang istimewa bisa kita jelajahi di bagian kota, namun karena padatnya pengunjung dan juga banyak polusi yang ditimbulkan oleh kendaraan seringkali membuat kita gerah dan tidak nyaman. Sehingga kita tidak bisa mendapatkan kepuasan ketika berwisata. Ini bukan berarti untuk menyalahkan siapa ya, namun kami ingin menunjukkan tempat wisata di Jogja yang masih begitu sepi dan tenang, serta udara yang jauh dari polusi bisa jadi tempat untuk Anda melarikan diri sejenak dari padat dan gerah nya kota. Ini adalah Hutan Pinus Mangunan di daerah Dlingo, Bantul. mengapa harus di sini? Jawabannya adalah, banyak barisan pohon pinus yang begitu rapat dan teratur serta udaranya juga sejuk dan segar serta bisa memberi Anda ketenangan ketika berada di sini. Bagi Anda yang hobi foto, tempat ini sangatlah cocok sekali. Karena banyak fotografer dan model yang menggunakan tempat ini untuk pemotretan bahkan untuk pra-wedding juga. Itu dikarenakan lokasinya yang sangat eksotis. Usai berpuas-puas di sini, Anda bisa langsung menuju ke kebun buah Mangunan yang berada tidak jauh dari lokasi ini.

11. Museum Affandi Sang Maestro Lukis Indonesia Asal Jogja
  


Selain dikenal dengan Kota Pariwisata dan Kota Pelajar, Jogja juga dikenal sebagai Kota Seni. Banyak seniman-seniman hebat yang mempunyai nama tersohor di kancah Nasional maupun Internasional lahir dari Kota Jogja. Bidangnya pun beraneka ragam, ada yang berprofesi sebagai seniman kontemporer, seniman music, seniman patung, seniman teater dan seniman lukis. Jika Anda tertarik dengan seni lukis, maka kami sarankan untuk mengunjungi Museum Affandi. Affandi adalah salah satu seniman lukis yang dimiliki oleh Indonesia yang sudah melebarkan sayapnya ke lingkup nasional maupun internasional. Semua karya-karya abadi dari beliau yangasli dari Jogja ini disimpan di tempat ini. Museum Affandi beralamat di pinggir Kali Gajah Wong, tepatnya Jalan Laksda Adisucipto 167. Tiket masuk dari tempat ini adalah Rp 20.000 saja, Anda bisa menikmati mahakarya Affandi yang jumlahnya hampir ratusan di dalamnya.

12. Romantisme di Atas Bukit Bintang
  

Tempat wisata alam yang selanjutnya adalah tempat yang akan memberi Anda kesan yang penuh romantisme dan di tempat ini bisa mempertegas bahwa Jogja merupakan tempat terbaik untuk Anda sekeluarga maupun pasangan. Keromantisan bisa Anda dapatkan di atas Bukt Bintang. Tempat ini berada di Jalan Jogja – Wonosari. Jalan untuk menuju ke sana lumayan menanjak dan berbelak-belok, sehingga pastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi baik semua dan tetap hati-hati juga ya. Di sepanjang jalan, Anda akan disuguhi dengan banyak penjual warung kopi yang siap untuk memanjakan lidah Anda tentunya dengan berbagai makanan enak serta pemandangan kota Jogja yang begitu menakjubkannya di malam hari. Dari atas bukit ini, Anda bisa melihat langsun bintang-bintang yang bertaburan di langit, dan tidak hanya di atas saja melainkan pemandangan kerlap-kerlip lampu kota Jogja yang terlihat seperti titik-titik bisa terlihat jika Anda melihat ke bawah. Sekaligus rasakan sensasi jagung bakar di pinggir jalan bersama orang-orang yang tersayang. Lengkap sudah kan perjalanan romantis Anda di sini?

13. Cahaya Surga dari Goa Jomblang
 

Wah tidak terasa ya, sudah tempat wisata yang ke 13 ini. Tenang, untuk selanjutnya masih berada tak jauh-jauh juga dari kota Jogja. Di bagian Jogja selatan terdapat goa yang tersembunyi yaitu Goa Jomblang. Goa ini berada diantara daerah karst Gunungkidul. Uniknya, jam untuk mengunjungi goa yang berbentuk vertikal ini yaitu saat matahari sedang di puncak kepala atau sekitar pukl 10-12 siang, pas panas-panas juga tuh. Kenapa begitu? Karena ketika Anda ada di dalam goa, Anda akan menyaksikan cahaya terang yang masuk melalui celah-celah goa. Dan ini sering disebut dengan “Cahaya Surga”, keindahannya sudah tidak usah diragukan lagi. Belum lagi dengan vegetasi khas di dalam goa yang berusia purba, sehingga membuat Anda semakin termotivasi untuk berjelajah.

14. Berenang di Curug Indah Tegalrejo
   

Air Terjun Sri Gethuk dan Curug Indah Tegalrejo sama-sama memiliki air terjun yang luar biasa. Namun ada perbedaan sedikit dari kedua tempat wisata tersebut. Jika Anda berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk, Anda hanya bisa menikmati pemandangannya saja, sedangkan di Curug Indah Tegalrejo Anda bisa menikmati pemandangan sekaligus air terjun dan curugnya dengan berenang sesuka hati. Lokasi dari Curug Indah Tegalrejo yaitu di Tegalrejo, Gunung Kidul, berbatasan langsnung dengan daerah Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Yang lebih menariknya lagi, Anda tidak dikenakan biaya untuk masuk ke Curug ini. Cukup dengan membayar biaya parker untuk keamanan kendaraan Anda. Akan tetapiAnda harus berhati-hati jika ingin terjun ke curug, dikarenakan curug tersebut yang cukup dangkal.

15. Harta Benda Korban Erupsi Merapi di Museum Sisa Hartaku
  

Karena letak dari kota Jogja berada di antara Gunung Merapi yang masih aktif di bagian utara, dan juga pantai selatan yang rawan dengan tsunami,sehingga kota beserta masyarakatnya begitu akrab dengan bencana. Kembali mengingatkan bahwa pada tahun 2010 silam di Desa Kepulharjo, Sleman, DIY menjadi lokasi paling parah yang terkena erupsi Gunung Merapi. Namun, sekarang lokasi tersebut telah disulap oleh Pak Riyanto menjadi kawasan wisata Jogja yang unik dan menarik. Sebab di sini Anda bisa menyaksikan berbagai benda korban erupsi Gunung Merapi yang sangat mengerikan. Ada bangkai motor, tulang belulang bangkai sapi, sampai gamelan yang ikut terbakar juga. Dan tempat wisata ini dikenal dengan nama Museum sisa Hartaku.

16. Tempat Romantis di Bukit Parangndog
 

Setelah berkunjung ke tempat yang agak menegangkan, saatnya Anda berkunjung ke tempat wisata yang romantic di selatan Jogja. Anda bisa mengajak pasangan Anda ke Bukit Parangndog. Pernahkah Anda mendengar tempat ini? Jalurnya sama dengan jalur menuju pantai Parangtritis, namun Anda musti berbelok ke timur menuju ke jalan yang lumayan terjal dan berkelok-kelok sampai Anda menemukan lokasi bukit yang romantis itu. Tempat ini biasanya dijadikansebagai landasan pacu paralayang. Anda bisa melihat pemandangan yang elok dari atas bukit ini. Pantai Parangtritis sampai Parangkusumo pun terhampar luas sampai ufuk yang memerah bila kita berada di sore hari tepat didepan mata. Keindahan yang Anda dapatkan mungkin tak bisa dilukiskan dengan kata-kata, hanya rasa syukur kepada Pelukis Agung alam ini.

17. Bantaran Kali Code
  

Dan yang terakhir adalah Wisata di Bantaran Kali Code. Sebenarnya tempat ini tidak bertitelkan tempat wisata, namun tidak ada salahnya juga untuk Anda kunjungi. Mungkin bagi Anda yang berasal dari luar Jawa penasaran dengan gambaran masyarakat Jawa yang terkenal dengan easy going dan ramah tamah. Maka referensinya untuk mengunjungi tempat ini. Sungai Code mengalir dari kaki Gunung Merapi sampai berakhir di pantai selatan. Di Bantaran Kali Code inilah Anda bisa menjelajahi di gang-gang sempit, berbaur dan bercengkrama dengan warga Asli Jogja, dan jika Anda bernasib baik, Anda bisa menyaksikan Festival Kali Bersih yang sering diadakan di setiap tahunnya.

Akhirnya selesai juga ya! Itulah tadi 18 surga – surga tersembunyi di Jogja yang dapat Anda knjungi dengan keluarga, teman atau pasangan. Kata Istimewa memang telah melekat pada Kota Jogja dan satu hal yang pasti, ada rasa rindu ketika Anda telah lama meninggalkannya. Akan tetapi, semua tu akan menjadi kenangan yang luar biasabila Anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke surga-surga tersembunyi di wisata Jogja yang kami tawarkan. Jangan lupa untuk selalu membawa handphone atau kamera untuk menunjang perjalanan Anda.

18. Tempat Wisata Belanja di Pasar Beringharjo
  

Apabila Anda menginginkan tempat yang bisa direferensikan sebagai tempat belanja Anda, maka Pasar Beringharjo Jogja lah pilihannya. Eemmt, sebenarnya ada tempat lain juga yang bisa memuaskan hasrat belanja Anda. Orang sering menyebutnya dengan Sunmor atau Sunday Morning. Mengapa bisa disebut begitu? Karena ini merupakan sejenis pasar tumpah ruah yang hanya dapat anda jumpai di Hari Minggu saja di kawasan Universitas Gadjah Mada (UGM). Yang ditawarkan pun beraneka ragam, mulai dari pakaian anak-anak hingga dewasa, makanan tradisional sampai modern, sepatu, tas, aksesoris dan masih banyak lainnya. Namun, Pasar Beringharjo Jogja juga tidak kalah komplitnya lho. Harga yang ditawarkan pun beraneka ragam yang pasti murah meriah sampai-sampai pasar ini tidak pernah terlihat sepi. Sudah tidak usah ragu lagi jika Anda ingin berbelanja di sini. Pasar Beringharjo buka setiap hari dan tutup pada jam 17.00.

Lalu, di sebelah selatan Pasar Beringharjo terdapat alun-alun terkenal yang diberi nama Alun-alun Utara. Jika Anda menjumpai keramaian di sana, maka Anda harus mampr sebab keramaian tersebut adalah tanda bahwa sedang ada Sekaten! Sekaten adalah sejenis pasar malam yang kental dengan suasana merakyat. Tidak hanya menawarkan barang seperti layaknya pasar malam di tempat lain, namun banyak wahana permainan yang bisa Anda coba di sini. Untuk makanan – minuman khas Jogja sudah pasti ada semua di sini. Dan yang pasti, tempat yang sedang Anda datangi ini terkenal dengan berbiaya hidup murah, harga pas dan cocok di kantong. Yuk, kunjungi tempat wisata ini!

AKOMODASI PENUNJANG
Karena Jogja memiliki tujuan wisata yang mempunyai banyak destinasi pilihan yang menawan, maka banyak fasilitas penunjang yang melengkapi kota ini. Seperti keberadaan hotel dan penginapan yang ramah di kantong, serta transportasi yang bisa disewakan.

Berkaitan dengan Tempat Wisata di Jogja yang paling dicari :

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar