• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Jogjakarta Air Terjun Sri Gethuk

 Jika Amerika Serikat terkenal dengan destinasi wisatanya yaitu Grand Canyon Arizona. Wisata tersebut begitu terkenal di belahan dunia. Namun jangan salah, Indonesia juga punya lho. Wisata Jogjakarta Air Terjun Sri Gethuk yang tepatnya berada di Gunungkidul ini dikabarkan mempunyai banyak kemiripan dengan Grand Canyon di Amerika sana. Jadi kita orang Indonesia tidak perlu jauh-jauh pergi ke Amerika ya, cukup ke Gunungkidul, Jogjakarta saja.

Sebuah kota yang identik dengan perbukitan kapur yang tandus dan juga gersang sehingga banyak yang salah paham tentang daerah ini. Namun, salah satu kota yang masuk di admisnistratif Jogjakarta ini sekaranag sedang menjadi perbincangan di kalangan para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Bagaimana tidak, Gunungkidul yang memiliki kurang lebih dari 15 pantai di gunungkidul yang sangat mempesona, tujuan wisata goa yang unik dan menarik, serta pesona air terjun yang begitu menawan. 
 
Di Gunungkidul juga terdapat potensi alam berupa aliran sungai yang membelah tebing-tebing tersembunyi dan banyak orang yang belum tau. Salah satu dari pesona air terjun itu adalah Air Terjun Sri Gethuk. Yang unik tidak hanya di nama dari tempat wisata ini lho, tapi di aliran air terjunnya yang sama sekali tidak mengenal musim. Entah di musim hujan atau pun kemarau panjang, air terjun ini masih mengalir tanpa henti.

Bagi Anda yang sedang berwisata ke Jogjakarta, sayang sekali jika melewatkan Air Terjun Sri Gethuk gunungkidul ini. Cukup dengan menaiki kendaraan dan melintasi hutan kayu putih milik Perhutani untuk bisa mencapai lokasi. Jalur yang digunakan juga menyenangkan, banyak pesona alam yang akan menemani perjalanan Anda. Dijamin perjalanannya tidak akan membosankan.

Setibanya di lokasi, ada sebuah area pemancingan yang digunakan sebagai area parkir. Kendaraan Anda bisa diparkirkan di sini dengan mengganti biaya retribusinya dan pasti aman kok. Dari area parkir Anda harus berjalan kaki dulu untuk menuju lokasi air terjunnya. Namun ada dua jalan yang bisa Anda pilih, yang pertama dengan menyelusuri jalan setapak. Di jalur yang ini Anda akan ditemani oleh hamparan sawah yang dihiasi dengan barisan nyiur kelapa yang melambai-lambai.
  
kemudian untuk jalur kedua ini terbilang lumayan ekstrim, karena Anda harus melewati derasnya arus Sungai Oya menggunakan sebuah rakit sederhana yang bisa Anda sewa dan perahu ini dibuat dari papan dan drum bekas. Jangan khawatir, perahu rakit yang akan mengantar Anda sudah dijamin keamanannya, tenaga yang akan membawanya juga sudah ahli-ahli kok.

Perjalanan Anda akan terkesan menyenangkan lagi apabila Anda memilih jalur dengan melintasi derasnya Sungai Oya dengan perahu rakit sederhana serasa benar-benar berada di sungai Amazon lho. Dan sangat baik dilakukan di pagi hari karena cuaca yang tidak begitu terik serta waktu Anda untuk berkunjung pun juga lumayan lama.

Selain itu, di pagi hari aliran Sungai Oya juga tenang sehingga perjalanan Anda akan lebih nyaman.

Perdu dan belukar terpampang hijau alami di tengah-tengah kokohnya tebing-tebing Karst bak benteng pelindung di sisi kanan dan kiri sepanjang aliran sungai. Jiwa akan semakin tentram ketika suara rakit berpadu dengan suara alam yang berirama menyibak jernihnya air sungai.

Air Terjun Sri Gethuk berada di Bleberan Playen, Kab. Gunungkidul, DIY. Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Jogjakarta yang sedang naik daun. Siapa yang tak tahu dengan Gunungkidul. Sehingga Anda akan dengan mudahnya mencari lokasi wisata-wisata yang sedang ngehits sekarang ini.

Mitos Air Terjun Sri Gethuk
Banyak tempat wisata yang ada di Indonesia yang tak luput dengan mitos. Begitupun juga dengan Air Terjun Sri Gethuk, dibalik kepopulerannya ternyata ada beberapa cerita yang melegenda dan berkaitan dengan lokasi dan pemberian nama pada air terjun tersebut.



Papan Selamat Datang di Kawasan Wisata Air Terjun Sri Gethuk
Menurut cerita dari masyarakat sendiri Air Terjun Sri Gethuk merupakan tempat untuk menyimpan alat musik yang bernama Kethuk. Kethuk adalah alat music atau gamelan milik Jin Anggo Meduro, salah satu makhluk halus penghuni tempat ini.  

Jadi asal mula pemberian nama air terjun ini dari nama alat music atau gamelan yaitu Kethuk. Dan hingga ssaat ini, banyak masyarakat sekitar yang masih sering mendengar alunan dari gamelan tersebut yang pastinya dar arah tempat Air Terjun Sri Gethuk.

Perjalanan untuk melintasi Sungai Oya yang kurang lebih hanya 15 menit menuju lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul. Setibanya Anda di sana, gemuruh suara air terjun sudah menyambut kedatangan Anda. Rasa penasaran untuk segera menikmatinya dari dekat akan menggugah perasaan Anda.

Di bawah air terjun terdapat batu-batuan yang tertata indah seperti undak-undakan tepian kolam renang di rumah-rumah mewah.

Menikmati Guyuran Air Terjun
     


Guyuran air terjun yang melimpah ruah di sekujur tubuh akan memberikan kesegaran yang tidak bisa Anda dapatkan di rumah. Tubuh serasa dipijat yang dapat melancarkan aliran darah, sehingga tubuh Anda akan lebih ringan dengan salah satu treathmen alami ini.

Jika Anda berkunjung pada musim penghujan, kesempatan besar untuk bias melihat indahnya pelangi di Air Terjun Sri Gethuk ini. Pesona air terjun yang dihiasi oleh pelangi terpampang jelas di depan mata, teringat dengan kisah dongeng tentang bidadari berselendang pelangi. Dijamen deh, pokoknya banyak yang bisa Anda dapatkan di sini.

Pemandangan Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul
Air terjun Jogja ini mempunyai potensi besar sebagai destinasi wisata gunungkidul yang populer. Sehingga kawasan air terjun ini masih memerlukan pengembangan yang serius dari pemerintah setempat. Agar kelestarian dan pesona alami tetap terjaga. Sungguh sayang apabila warisan alam yang begitu berpotensi harus mati karena tidak ada tindak lanjut atau campur tangan dari pemerintah.

Di sepanjang perjalanan Anda menuju lokasi akan disugui dengan panorama alam yang begitu asri dan alami yang berkesan menyenangkan ditambah lagi dengan satwa-satwa liar yang bebas berkeliaran.

Rute Perjalanan ke Air Terjun Sri Gethuk
Rute yang akan Anda lewati sangatlah mudah, jadi tidak perlu khawatir. Dari pusat kota Jogjakarta ke lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul dapat diambil arah ke Wonosari. Ikuti terus jalan Jogja – Wonosari sampai di pertigaan Gading. Di pertigaan ini terdapat papan petunjuk arah yang bisa Anda ikuti hingga tiba di daerah Playen.

Di daerah Playen juga terdapat papan petunjuk jalan untuk menuju lokasi Air Terjun sri Gethuk dengan beberapa objek wisata lainnya juga. Dan lebih baik ambil arah melalui jalan beraspal namun jaraknya agak sedikit lebih jauh dibandingkan jika melalui jalan off road. Bagi anda yang baru pertama kali datang ke sini lebih baik menghindari jalur off road, sebab di jalur ini cukup berbahaya dan kondisinya pun lumayan buruk dan berbatu.


Berkaitan dengan Wisata Jogjakarta Air Terjun Sri Gethuk :

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar