• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Jogjakarta Pabrik Gula Madukismo, Wisata Industri

  
Pabrik gula Madukismo adalah salah satu tujuan wisata yang mempunyai potensi besar apabila dikelola dengan baik. Pada tahun 1955 pabrik ini didirikan yang awalnya bernama PG Padokan. Pabrik ini juga pernah mengalami kehancuran dan berkat Sri Sultan Hamengku Buwono IX , pabrik ini bisa dirintis kembali dan diganti namanya dengan Pabrik Gula Madukismo.

Di dekat Pabrik Gula Madukismo ada sebuah wisata Kasongan, dan sebenarnya bisa pula dijadikan satu paket wisata. Namun karena ada beberapa masalah yang menjadikan wisata tersendiri untu Pabrik gula Madukismo dan wisata Kasongan.

Wisata Berpotensi di Madukismo
  

Di sini Anda bisa mengelilingi lokasi pabrik dengan menaiki lokomotif tua sambil menyaksikan bagaimana cara membuat gula secara langsung. Apalagi jika Anda berkunjung di bulan Mei – September, karena di bulan-bulan ini adalah musim giling. Proses dari cara memeras nira, pemurnian nira, penguapan nira, kristalisasi, puteran gula sampai bagaimana gula dikemas dapat Anda lihat dan ketahui di sini. Selain itu Anda juga bisa melihat secara langsung berbagai mesin-mesin tua yang sampai sekarang masih bisa dioperasikan.
  

Beruntungnya lagi, Anda dan juga para wisatawan lainnya dapat bergabung untuk mengikuti ritual cembrengan. Ritual ini biasanya diselenggarakan untuk memohon do’a restu untuk pembuatan gula/penggilingan agar berjalan dengan lancar. Acara ini juga menyuguhkan kirab tebu temanten, pasar malam, jathilan dan juga wayang kulit semalam suntuk. Ini merupakan adat yang menarik banyak minat wisatawan luar negeri untuk ikut serta dalam acara tersebut.
  

Pabrik gula madukismo beralamat di Desa Padokan, Tirtonirmolo, Kasihan Bantul.

Tiket Masuk Pabrik Gula Madukismo 

dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

1. Tiket masuk khusus saat musim giling yaitu Rp 7.000/orang ( minimal 40 orang )

Waktu kunjung di Pabrik Gula Madukismo :

1. Hari Senin – Kamis : pukul 08.00 – 15.00 WIB

2. Hari Jum’at – Sabtu : pukul 08.00 – 12.00 WIB

3. Hari Minggu tutup.

Pabrik Gula Madukismo dilengkapi dengan berbagai fasilitas yaitu :

· Pabrik Spritus Madukismo

· Wisma

· Ruang Pertemuan

Akses untuk menuju ke Pabrik Gula Madukismo :

1. Dari Terminal Giwangan : silakan naik bus jalur Borobudur/Wates kemudian turun di lampu merah Madukismo.

2. Dari Terminal Jombor ke Pabrik Gula Madukismo : silakan naik bus jurusan Semarang – Jogja atau Jogja – Borobudur, atau Jogja – Godean kemudian turun di lampu merah Madukismo.

Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Pabrik Gula Madukismo , silakan menuju ke perempatan Ringroad jalan Bantul. Lalu ambil arah kanan atau ke barat, sekitar 1,5 kilometer tiba di lampu merah madukismo. (di lampu merah pertama, belok ke kiri sekitar 150 meter).

Mudahkan? Karena itu jalan utama, jadi Anda tidak mungkin kesasar. Banyak pos polisi yang bisa Anda mintai petunjuk apabila diperlukan.

Berkaitan dengan Wisata Jogjakarta Pabrik Gula Madukismo, Wisata Industri:

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar