• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Kota Bandung Kebun Binatang


Objek wisata Kota Bandung kali ini adalah Kebun Binatang. Awal nama kebun binatang ini adalah Derenten/Bahasa Sundanya nya dierentuin yang artinya adalah Kebun Binatang. Pada tahun 1930 Bandung Zoological Park (BZL) mendirikan kebun binatang ini dengan dirintis oleh Direktur Bank Denis Hoogland.

Ketika berkunjung ke Kebun Binatang ini anda tidak hanya dapat melihat berbagai macam Binatang, namun di sana juga disediakan pagelaran seni. Sehingga nilai edukatifnya akan lebih luas. Tempat wisata ini akan memberikan nilai edukatif tentang flora, fauna dan juga seni budaya. Sehingga dapat mengajarkan akan kekayaan budaya tanah air serta menumbuhkan rasa cinta untuk menjaganya. Kebun Binatang ini pun juga menyediakan Wahana rekreasi, diantaranya

Flying fox, Taman Bermain, Kolam untuk Perahu dan Perahu Bebek
 


Wisata Kebun Binatang merupakan tempat wisata yang disarankan untuk edukatif. Selain untuk refreshing wisatawan juga akan mendapatkan pengetahuan baru. Tentunya sangat bermanfaat untuk nilai-nilai edukatif. Selain itu, Kebun Binatang Bandung juga di gunakan untuk objek penelitian.

Kebun Binatang ini digunakan untuk melestarikan maupun mengembangkan flora dan fauna Indonesia. Yang mempunyai maksud menjaga kelestarian serta kekayaan alam. Namun tetaplah dibuka untuk rekreasi masyarakat

Luas lahan yang digunakan untuk Kebun Binatang ini seluas 13,5 ha. Dengan tofografi yang bergelombang, untuk penggunaan perkandangan mencapai 18,25%, sedangkan untuk taman ria dan kolam perahu 4,7% dan untuk pengolahan sampah hanya 2,4%. Namun masih ada area yang cukup luas mencapai 55,20% yang digunakan untuk pertamanan dan lesehan. Sisanya untuk museum akuarium, jalan dan perkantoran.

Untuk satwa yang ada di Kebun Binatang terbilang cukup banyak ada 134 jenis satwa yang tidak dilindungi dan 79 jenis satwa yang dilindungi. Sehingga mencapai 213 jenis satwa yang ada di Kebun Binatang. Untuk penambahan koleksi satwa nya akan selalu di upayakan untuk menarik perhatian pengunjung.

Selain fauna yang ada di Kebun Binatang tersebut, tentunya banyak Flora yang dapat melindungi satwa dari panasnya matahari, dan menjaga kesegaran udara. Selain itu flora yang ada di Kebun Binatang berfungsi sebagai salah satu paru-paru Kota Bandung dan melindungi tanah dari air ketika mulai musim hujan. 
Berikut foto-fotonya :
                                      
                                             Area Pertamanan dan lesehan


                                        
                                          Area Binatang (perkandangan)










 
 

Lokasi Kebun Binatang berada di Jl.Kebun Binatang No.6, Tamansari

Akses menggunakan Transportasi umum
Angkot Jalur Cicaheum-Dago, Kebun Kalapa-Dago , Panghegar-Dipatiukur, Cicaheum-Ciroyom, Caringin-Sadangserang, Dago-Caringin, Cisitu-Tegalega

Objek wisata ini dapat anda gunakan untuk tujuan wisata dengan keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk tambahan Informasi anda.

Berkaitan dengan Wisata Kota Bandung Kebun Binatang :

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar