• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Kota Bandung Kawah Putih Ciwidey


Sebelum kita bercerita tentang obyek wisata Kawah Putih Ciwidey sebagai salah satu tujuan wisata kota Bandung, ada baiknya kita mengenal dulu tempatnya. Ciwidey adalah nama dari salah satu Kecamatan dari Kabupaten Bandung Jawa Barat. Tempat ini sangat terkenal sebagai tempat Wisata Kota Bandung yang sangat menawan.

Ciwidey sangat terkenal dengan penghasil perkebunan serta pertanian. Daerah ini dekat dengan Kabupaten Cianjur, bahkan kedua tempat ini berbatasan. Nama Ciwidey diambil dari bahasa portugis kuno. Ciwi sendiri mempunyai makna kiwi sedangkan Dey adalah hari. Selain terkenal dengan produksi pertanian dan perkebunan, Ciwidey sangat terkenal sebagai tempat wisata kota Bandung. Adapun obyek wisata yang ada di Ciwidey :

Kawah Putih

Situ Patenggang

Perkebunan Teh Rancabali

Ranca Upas

Kebun Strawberry Ciwidey

 

Kawah Putih Ciwidey merupakan tempat wisata yang sangat terkenal oleh para wisatawan dari penjuru daerah. Obyek wisata ini terletak di daerah Ciwidey Bandung Jawa Barat yang mempunyai pesona berupa danau putih yang berupa kawah berasal dari letusan gunung Patuha yang terletak diseitar Danau. Gunung tersebut meletus pada tahun 1000 sampai 1200 M/ pada abad 10 sampai 12.

 


Danau kawah putih ini menyuguhkan sebuah pemandangan yang sangat eksotis dan tentunya tidak mudah untuk menemukan di daerah-daerah lain. Keindahan alam ini dapat dilihat dari letaknya yang berada pada ketinggian 2.434 m diatas permukaan laut. Sehingga danau tersebut diselimuti oleh kabut putih yang menambah keindahan alamnya. Selain kawah yang berwarna putih, bebatuan dan pasirnya pun juga berwarna putih dilengkapi dengan indahnya gunung patuha. Selain keindahan-keindahan tersebut yang disodorkan oleh Kawah Putih, anda akan menemukan pemandangan yang sangat menawan yang tak boleh dilewatkan, yaitu warna air pada danau yang selalu berubah-ubah warnanya.

 


Mungkin ketika mendengar nama dari danau tersebut anda akan berfikir bahwa warana air pada danau hanyalah putih, tapi jangan salah karena ketika matahari terik dan cuaca terang maka warana air akan berubah warna menjadi kebiru-biruan dan hijau apel, terkadang berwarna coklat susu.tapi ketika malam hari mungkin sekitar jam 9 malam, ketika bintang-bintang bersinar maka akan terlihat pancaran warna kehijau-hijauan yang berbentuk lingkaran menghiasi kawah.


Obyek wisata ini menjadi pilihan utama para wisatawan, baik domestik maupun luar negeri. Kawah Putih Ciwidey ini mempunyai keunikan tersendiri meskipun banyak obyek wisata lainnya yang berada di daerah Ciwidey seperti Kebun Strawberry, Ranca Upas, Situ Patenggang, maupun Kebun Teh Rancabali. Namun pancaran pesonanya sangat menawan.
 




Alamat lengkap obyek wisata Kawah Putih Ciwidey ini terletak di Jl.Kawah Putih Ciwidey, Bandung Jawa Barat (Jln Raya Soreang Ciwidey 25 kilmeter dari Kab Bandung). Untuk jarak tempuh dari Kota Bandung ke obyek wisata Kawah Putih kurang lebih berjarak 46 klometer atau dapat ditempuh dalam dua setengah jam dalam perjalanan. Untuk aksesnya sangatlah mudah anda dapat menempuhnya dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika anda dari luar kota maka anda dapat lewat tol Kopo ini adalah tempat paling dekat untuk transit ke obyek wisata Kawah Putih.

Ruteke lokasi kawah putih ciwidey Bandung

Jika posisi anda dari Ibukota (Jakarta) maka anda melewati tol Padalarang. Akses untuk menuju obyek wisata Kawah Putih Ciwidey diantaranya adalah:

Rute pertama anda bisa lewat Kopo, Macet




Dari Jakarta menuju Cikampek, lewat Tol Purbaleunyi keluar Tol kopo dari Gerbang Tol Kopo belok ke kanan, anda memasuki Jl Kopo, Bihbul, Katapang, Soreang, Pasirjambu, masuk ke Ciwidey dan sampai di Gerbang Kawah Putih.

Rute kedua lewat Mohamad Toha
 
Dari Jakarta menuju Cikampek, masuk ke Tol Purbaleunyi keluar Tol Mohamad Toha, kemudian lewat Tol Mohamad Toha kemudian belok kanan, masuk ke Jl.Mohamad Toha, Dayeuhkolot, Ble Endah, Pameungpeuk, Banjaran, Cimaung, Soreang, Pasirjambu, sampai ke Ciwidey dan masuk Gerbang Kawah Putih.

Rute ketiga bisa lewat Buah Batu
 
Dari Jakarta menuju Tol Jakarta ke Cikampek, lewat Tol Purbaleunyi, keluar Tol Buah Batu ke Gerbang Tol Buah Batu belok ke kanan, ketemu jalan terusan Buah batu, Bojongsoang, Bale Endah, Pameungpeuk, Banjaran, Cimaung, Soreang, Pasirjambu, masuk Ciwidey dan lanjut ke Gerbang Kawah Putih.

Rute keempat

Dari Jakarta menuju ke Tol Jakarta –Cikampek, masuk Tol purbaleunyi, arah ke Pasteur keluar ke arah Baros Cimahi, kemudian belok kanan anda ada di Jl.akses Tol Baros, belok kanan lagi anda ada di Jl. Leuwigajah, Nanjung, Marga Asih, Patrol, Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, PasirjambU, Masuk Ciwidey dan Gerbang Kawah Putih.

Kawah Putih buka dari puul 07.00 sampai 17.00 buka setiap hari. Untuk tiket masuk ke obyek wisata, tarifnya dibagi dua. Untuk wisatawan domestik hanyalah 15.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan asing tarif tiket masuknya 30.000 per orang. Dari Pintu gerbang menuju obyek wisata puncak, masih berjarak kurang lebih 5 kilometer. Jalannya nmenanjak

Tapi untuk ke puncak disediakan fasilitas alat transportasi yaitu ontang anting cukup membayar 10.000 per orang sudah termasuk untuk transport pulang. Transportasi ini digunakan untuk sarana yang mendukung wisata ke Kawah Putih. Nama dari transportasi itu sendiri berasal dari bahasa sunda, “Ontang anting” yang berarti “mondar mandir”

 

Fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata ini terbilang cukup lengkap, dengan adanya tempat parkir, mushola, dan juga saran pendukung untuk menuju kawah. Selain itu disana sudah tersedia banyak warung dengan sajian makanan dan minuman tradisional, diantaranya yang sangat terkenal adalah bandrek dan seduhan kopi hitam. Banyak digemari para pengunjung karena minuman ini memberikan rasa hangat karena ada ada jahenya.

Biaya Parkir

Bagi wisatawan yang berkunjung menggunakan kendaraan pribadi, di sana disediakan dua area parkir, yaitu area parkir dibawah dekat dengan gerbang masuk. Sedangkan area parkir atas dekat dengan lokasi kawah.

Tarif parkir di bawah
 

1. Kendaraan roda 2/motor : Rp 3.000

2. Kendaraan roda 4/ mobil :Rp 6.000

Jika parkirnya di bawah maka kita masih membutuhkan saran untuk ke atas, yaitu dengan Ontang anting, denganh tarif yang sudah disebutkan diatas.

Tarif parkir di atas
 

Untuk kendaraan roda 4/mobil tarif : Rp 150.000

Memang untuk parkir di atas biayanya cukup mahal, akan tetapi anda sudah tidak perlu biaya lagi untuk  naik ontang anting.

Tarif wisata di atas bersumber dari pengelola obyek wisata, sehingga informasinya dapat dipercaya. Namun tentunya tarif tersebut dapat berubah-ubah seperti saat musim liburan.

Solusi bagi yang ingin berlibur ke Kawah Putih namun tidak mempunyi kendaraan pribadi
 

Solusi untuk pengunjung yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, pelancong maupun Backpaper, anda dapat menggunakan kendaran umum seperti angkutan umum, ada bermacam-macam kendaraan umum yang tersedia untuk mengantar sampai ke obyek wisata Kawah Putih. Anda dapat memulai perjalanan dari terminal Lewi Panjang.

Jika anda ke Bandung menggunakan pesawat maupun kereta api, setelah dari Bandara maupun Stasiun, anda bisa langsung menuju ke terminal Lewi Pajang.

Daftar angkutan umum menuju ke Kawah Putih:

1. Bus dan Mobil Colt(L300)
 

Ketika anda memasuki terminal Lewi Pajang, anda dapat menggunakan bus maupun mobil Colt. Tapi kalo Bus biasanya sangatlah terbatas. Jika anda mengendarai Mobil Colt, mobil ini ada di sebelah kanan dari pintu masuk terminal. Mobil ini akan mengantar sampai Terminal Ciwidey. Dengan tarif rp 7000.

2. Angkot Jurusan ke Ciwidey ->Situ Patengang
 

Anda dapat menggunakan angkot kuning yang ada di terminal Ciwidey. Angkot tersebut jurusan Ciwidey->Situ Patengang

3. Ontang anting

 
Untuk sarana ini digunakan untuk transport dari pintu gerbang Kawah Putih menuju ke kawah denga tarif 15.000 /orang untuk berangkat dan pulang.

Berkaitan dengan Wisata Kota Bandung Kawah Putih Ciwidey:

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar