• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Kota Bandung Gunung Tangkupan Perahu

Gunung Tangkupan Perahu adalah gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat , Indonesia. Ini merupakan tempat wisata yang sangat popular di Indonesia, tempat ini mempunyai jumlah pengunjung yang cukup banyak domestik maupun luar negeri. Selain keindahan alam yang disodorkan oleh Gunung Tangkupan Perahu, wisata kota Bandung yang satu ini juga sangat terkenal dalam legenda Sangkuriang. Sehingga membuat tempat ini menjadi sangat terkenal dan dicari.

Gunung Tangkupan Perahu tingginya kurang lebih 2.084 m, dengan dikelilingi kebun teh dan pohon pinus sehingga memberikan kesan yang hijau dan segar, letaknya sekitar 20 kilometer di utara Bandung.
 


Gunung Tangkupan perahu berbentuk Stratovulcano. Ini merupakan gunung yang masih aktif di Indonesia. Dan uniknya pusat erupsinya berpindah-pindah dari timur ke barat. Dari erupsi gunung tersebut mengeluarkan beberapa jenis bebatuan seperti sulfur dan lava, juga mineral seperti sulfur belerang. Sedangkapn mineral yang keluar saat gunung tidak aktif berupa uap belerang.



Suhu Gunung Tangkupan Perahu pada malam hari 2⁰ C sedangkan pada siang hari suhunya 17 ⁰C . Kawasan Gunung Tangkupan Perahu termasuk hutan gunung, Hutan Ericaceous, Hutan Dipterokap atas, Hutan Dipterokarp Bukit serta hutan Montane. Untuk wisatanya dikelola oleh Perum Perhutanan.

Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu

Dalam sebuah legenda, Asal usul Gunung Tangkupan Perahu dimulai dari Sangkuriang yang telah lama berpisah dengan Ibunya, sehingga tidak mengenalinya lagi. Pada Saat dia tumbuh menjadi pria dewasa namun paras ibunya masih tetap cantik dan muda. Karena sangkuriang berniat menikahi ibunya maka sang ibu (Dayang sumbi) memberikan syarat untuk membuatkan sebuah perahu dalam waktu satu malam.

Namun karena Dayang sumbi tidak menghendaki hal itu terjadi, maka dia membatalkannya. Sehingga Sangkuriangpun marah dan menendang perahu tersebut sehingga berbalik dan tengkurap. Dan dalam legenda tersebut disebut sebagai awal mula terbentuknya Gunung Tangkupan Perahu.

Status Gunung Tangkuban Perahu

Status dari gunung ini masih dinyatakan aktif. Keaktifannya ditandai dengan masih adanya sumber air panas yang ada di kaki gunung. Salah satunya adalah yang ada di daerah Ciater. Selain itu masih muncul gas belerang.Karena gunung ini masih dinyatakan aktif maka terus diawasi oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia.

Gunung Tangkuban Perahu

 



Sebuah teori mengatakan bahwa ada sebuah telaga besar yang berada disekitar dan itu masih termasuk daerah Bandung. Hal ini dibuktikan dengan letak topografi Kota Bandung yang menunjukkan bentuk seperti sebuah cekugan dengan adanya banyak gunung dan bukit pada sisi-sisinya.
  


Daerah dataran tinggi Bandung tingginya kurang lebih 709 meter diatas permukaan laut. Ahli geologi meyakini bahwa daerah tersebut adalah sisa dari sebuah danau besar pada jaman dahulu. Danau tersebut terbentuk karena adanya pembendungan Ci Tarum yang disebabkan oleh letusan gunung berapi. Gunung bberapi tersebut dikenal sebagai Gunung Sunda dan sekarang menyisakan gunung yang masih aktif yaitu Gunung Tangkupan Perahu.


Ini sama juga dengan gunung krakatau yang sekarang mempunyai anak gunung yang masih aktif. Gunun tersebut terletak di Selat Sunda. Legenda dari sanagkuriang pun diyakini sebagai gambaran dari masyarakat terdahulu yang tinggal dan hidup di daerah Gunung Sunda Purba dan sekarang menyisakan Gunung Tangkupan Perahu yang masih aktif.

Rute yang dapat Di Akses dengan Kendaraan

Rute-1

Anda dapat melewati Tol Pasteur untuk menuju tempat wisata Tangkupan Perahu lalu lanjutkan ke arah Jl. Dr. Djunjunan, kemudian dilanjutkan lagi ke Pasirkaliki

Lanjut melewati Sukajadi->Setiabudi-> Lembang dan setelah itu anda sudah memasuki lokasi wisata di gerbang bagian atas.

Rute ke-2

Anda dapat lewat pintu Tol Padalarang atau lewat Cipularang, kemudian kearah Cimahi setelah itu belok ke kiri dan anda akan memasuki Jl. Kolonel Masturi, lanjutkan saja perjalanan anda mengikuti jalan tersebut sampai ujung. Dan anda akan memasuki daerah-daerah kecamatan Cisarua, Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat.

Setelah ketemu pertigaan JlRaya Lembang, teruskan dan pilih jalan yang belok kiri setelah itu anda tetap lurus. Kemudian anda akan melewati Plang Tahu Tauhid terletak disebelah kiri jalan. Maka anda sudah mendekati kawasan kurang lebih 200 m lagi akan masuk Gerbang kawah Gunung Tangkupan Perahu terletak disebelah kiri jalan.

Anda perlu mengetahui alamat lengkapnya ada di ( Gunung Tangkupan Perahu, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat 40391, Jawa Barat, Jawa, Indonesia.

Atau apabila anda belum paham, anda dapat menyewa mobil sudah beserta sopirnya atau mengikuti paket wisata Bandung. Dengan begitu maka perjalanan wisata anda akan lebih mudah dan nyaman. Selain itu di Bandung juga tersedia banyak hotel maupun penginapan sehingga anda tidak perlu khawatir keetika tinggal di Bandung.

Semoga perjalanan anda ke Tangkupan Perahu menyenangkan.


Berkaitan dengan Wisata Kota Bandung Gunung Tangkupan Perahu:

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar