• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Kota Bandung Gunung Patuha





 

Gunung Patuha, nama itu sangatlah tidak asing ditelinga kita. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang terletak di Bandung, Jawa Barat, Indonesia dengan ketinggian 2.386 m. Keunikan yang membuat gunung ini sangat terkenal dan banyak pengunjung karena Kawah putihnya yang sangat menakjubkan.

Kawah yang berada di Gunung Patuha sebagai salah satu wisata kota Bandung ini terbentuk karena letusan Gunung Patuha. Kawah ini tidak hanya mempunyai warna putih pada airnya, namu juga pada dindingnya. Selain nama Patuha gunung ini juga mempunyai nama sebutan yaitu Gunung Sepuh. Karena menurut legenda nama Patuha berasal dari nama Pak Tua (sepuh). Di gunung patuha ini mempunyai suhu kurang lebih dari             8⁰C- 22⁰ C.

 


Kawah yang ada di Gunung Patuha ini sangatlah unik. Keunikan kawah yang ada di di Gunung Patuha sangat berbeda dengan kawah-kawah yang lain. Meskipun terkenal dengan sebutan kawah putih, yang biasanya kawah itu berwarna putih dan di kelilingi awan putih di atasnya akan tetapi warna kawah tersebut dapat berubah-ubah warna. Pada hari yang cerah dan terang terang kawah tersebut airnya dapat berubah warna menjadi coklat susu. Dan juga terkadang warna airnya berubah menjadi kebiru-biruan dan hijau apel.

Wisata Kawah Putih yang terletek di Gunung Patuha 



 

Tidak hanya itu saja keunikan kawah yang berada di Gunung Patuha. Karena pada sore hari air danau tersebut bisa mengalami pasang surut. Disebut dengan kawah putih tidak hanya karena air danaunya berwarna putih, namun pasir dan bebatuan yang ada disekitar juga berwarna putih.

Ketika malam hari kurang lebih pukul 21.00 bisa dilihat suatu keunikan yang luar biasa. Pada saat suasana cerah dan banyak bintang-bintang, maka danau kawah putih ini seperti memancarkan cahaya yang berwarna kehijau-hijauan menyinari dan membentuk suatu lingkaran yang menerangi kawasan kawah, setelah itu akan tercium bau belereang, tapi tidak terlalu menyengat.

Danau Kawah Putih yng terletak pada Gunung patuha ini, menurut dari penelitian masih aktif. Bagian barat masih ada pancaran kawahnya dan disebelah utara erdapat dinding bebatuan yang terjal.dari arah timur dapat ditemukan pintu masuk ke area danau. Dan terdapat sebuah gua beaan yanb berada tidak jauh dari kata, yang mempuyai kedalaman kurang lebih 5 m.

Perjalanan yang ditempuh untuk sampai ke lokasi kawah melalui jalan yang terjal dan berkelok, anda akan menemukan banyak species hutan. Jarak dari pintu masuk menuju lokasi kawah berjarak kira-kira lima kilometer.

Perjalanan menuju Kawah Putih





Wisata ini mempuyai daya tarik yang tinggi karena keindahan alamnya. Semoga bisa menjadi salah satu tujuan tempat wisata anda. Semoga liburan anda menyenangkan.


Berkaitan dengan Wisata Kota Bandung Gunung Patuha:

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar