• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Kota Bandung Teropong Bintang Bosscha Lembang


Wisata kota Bandung – Banyak wisata yang tersedia di Indonesia, apakah Anda ingin mengajak keluarga Anda untuk berakhir pekan dengan wisata yang beda dari yang lainnya? Tidak hanya sekedar pergi berlibur, tetapi mencari tempat wisata yang bias menambah pengatahuan anak-anak dan sejarah juga. 

Dan salah satu tujuan wisata yang dapat menginspirasi Anda sekeluarga adalah dengan mengajak keluarga Anda ke Lembang, Bandung tepatnya di Observatorium Bosscha. Di sini Anda dan sekeluarga dapat mempelajari banyak ilmu pengetahuan dan sejarah sekaligus berwisata bersama. 




Wisata Teropong Bintang Bosscha Lembang Bandung adalah salah satu tempat tujuan wisata yang banyak mengajarkan tentang ilmu pengetahuan dan sejarah yang sangat penting untuk anak-anak Anda. Lokasi Observatorium Bosscha ini lumayan dekat dari Kota Bandung, karena hanya berjarak sekitar 15 km dari pusat kota.


 Dan jangan khawatir, tempat wisata ini terbilang luas yang mencapai sekitar 6 hektar dan mempunyai tinggi kira-kira 1.310 meter. Dan ini adalah salah satu alas an mengapa Bosscha menjadi tempat yang cocok untuk melihat dan memantau aneka ragam benda di luar angkasa. Dahulunya, tempat ini berfungsi sebagai tempat untuk meneropong bintang.

Teropong yang digunakan di Observatorium Bosscha ada sekitar 7 teropong, mereka adalah Teleskop Bamberg, Teleskop Schmidt Bima Sakti, Teleskop Cassegrain GOTO, Teleskop Refaktor Ganda Zeiss, Teleskop Refaktor Unitron, Teleskop Radio 2,3m, dan Teleskop Surya. Dan

Sudah lama sekali bahwa Observaorium Bosscha ini telah beralih fungsi sebagai salah satu tempat wisat di Kota Bandung. Joan George Gijsbertus Voute adalah orang pertama yang berinisitaif untuk membangun Observatorium Bosscha ini dengan dibantu oleh dua rekannya yaitu Rudolf Albert Kerkhoven dan Karel Albert Rudolf Bosscha pada sekitar abad ke- 20. 


Tepat pada tanggal 17 Oktober 1951 Observatorium Bosscha ini resmi diberikan kepada Indonesia karena pada perang dunia ke II teleskop bintang ini mengalami kerusakan. Dan Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa Observatorium Bosscha sebagai cagar budaya bangsa Indonesia.
Seiring berjalannya waktu, Observatorium Bosscha sudah tidak difungsikan lagi untuk peneropongan bintang-bintang di angkasa. 






Dan hal ini sangat disayangkan karena kawasan disekitar observatorium Bosscha ini sudah banyak didirikan pemukiman penduduk dan bangunan-bangunan besar sehingga banyak pohon yang ditebang secara berlebihan. Karena banyaknya pohon yang ditebang, dapat berdampak pada intesitas cahaya yang diterima oleh teleskop. Semakin banyak cahaya yang diterima maka teleskop tidak dapat melihat benda-benda angkasa lagi.

Banyak tempat wisata yang ada di daerah Lembang Bandung, entah itu wisata outbound atau wisata alam yang sekarang sedang booming di kalangan masyarakat. Seperti wisata Tangkuban Perahu Bandung, kebun stroberi dan lain-lain. Jika Anda sedang berada Bandung, cobalah untuk berkunjung di Teropong Bintang Bosscha. Dijamin tidak mengecewakan dan sangat bermanfaat untuk keluarga. Selamat berkunjung!


Berkaitan dengan Wisata Kota Bandung Teropong Bintang Bosscha Lembang:

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar