• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Jogjakarta Curug Indah Tegalrejo

   

Banyak yang menganggap bahwa kondisi perbukitan Seribu yang membentang sepanjang Bantul hingga di sebelah barat pacitan merupakan daerah tandus dan kekurangan air. Ternyata masih ada juga kok beberapa air terjun yang cukup akan airnya disepanjang musim meski debit air yang dimiliki pada musim kemarau memang kecil. Salah satu curug atau air terjun yang akan kita bahas adalah Wisata Jogjakarta Curug Indah Tegalrejo atau curug gedangsari bahkan ada pula yang menyebutnya dengan curug air terjun bayat. Wah, namanya banyak sekali ya.

Sering disebut dengan Curug atau Air Terjun bayat karena lokasi paling mudah dilalui dan lebih dekat dengan ibukota Kecamatan Bayat, Klaten. Meskipun menurut catatan tempat wisata ini berada di wilayah Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Air terjun ini berada di bawah gunung yang menjadi perbatasan antara Kabupaten Gunungkidul dengan Kabupaten Klaten.

 

Dengan retribusi yang ditarik sebesar Rp 2.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati pesona air terjun ini. Dan wisata air terjun ini dikelola langsung oleh warga setempat, sebab lahan wisata air terjun ini adalah milik pribadi dari seorang warga Gedangsari jadi bukan kepemilikan pemerintahan kota setempat ya. Nhaa, untuk warga yang mengelola tempat wisata ini adalah penyewa lahan yang mengembangkan dengan bermacam fasilitas untuk mendukung tempat wisata tersebut.

Ada beberapa tingkatan yang terbentuk di Curug Indah Tegalrejo, sebuah tingkatan berbentuk cekungan yang lumayan dalam bisa digunakan sebagai tempat mandi maupun berenang. Bahkan di musim kemarau sekalipun yang debit airnya kecil, cekungan tersebut masih terisi penuh dan lumayan dalam. Sehingga dihimbaukan bagi pengunjung yang tidak bias berenang jangan nekat untuk mencoba masuk ke dalam cekungan tersebut.
 

Pengelolaan begitu kurang maksimal di tempat ini sehingga perawatan dan kebersihan tempat wisata ini kurang terjaga. Hal ini dikarenakan pihak yang terkait tidak mau turun tangan dengan keberadaan tempat curug ini, jadi hanya dibiarkan saja tanpa dipikir dampak ke depannya. Padahal, apabila hal seperti ini terus berlanjut tanpa ada pihak yang mau turun tangan, kealamian dan keasrian begitu juga dengan keindahan tempat wisata ini akan rusak dan sangat disayangkan sekali. Sebab tidak ada penanganan yang serius ditambah lagi dengan ulah tangan-tangan jahil yang tak bertanggung jawab.

Bagimana untuk menuju ke tempat wisata?

Kami sarankan jika Anda ingin mengeksplore tempat ini sebaiknya gunakan kendaraan pribadi saja. Karena lokasi yang lumayan masuk dan terbatasnya angkutan umum yang belum memadai yang menjadi permasalahannya. Rute dari Jogjakarta menuju arah jalan Jogja – Solo lalu belok menuju Kecamatan Wedi. 


Jalan terus sampai menuju ke Kecamatan Bayat dan selanjutnya menuju arah koramil di bagian kanan jalan lalu belok kanan, masuk gang lurus sampai menuju kawasan wisata tersebut. Atau jika masih bingung dengan rutenya, gunakan petunjuk dari warga sekitar alias jangan sungkan untuk bertanya. Warga-warga di daerah sini sangat ramah-ramah jadi Anda tidak perlu takut.


Berkaitan dengan Wisata Jogjakarta Curug Indah Tegalrejo :

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar