• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Jogjakarta Candi Sambisari


Wisata Jogjakarta Candi Sambisari adalah salah satu wisata candi warisan di era Hindu. Pada abad ke-10 candi ini dibangun oleh dinasti Syailendra di masa pemerintahan Rakai Garung.

Pada tahun 1966 ada seorang petani yang menggali lapangan dan tanpa sengaja menemukan candi ini. Dan menurut perkiraan, candi ini telah terkubur oleh material vulkanik letusan Merapi pada tahun 1006. Oleh Pusat Arkeologi Yogyakarta dilakukannya penggalian dan tidak hanya bangunan saja yang ditemukan melainkan artefak-artefak lainnya seperti keramik, prasasti emas dan perhiasan. Setelah pengalian maka dilanjutkannya dengan rekontruksi candi yang membutuhkan waktu sekitar 21 tahununtuk melakukan rekontruksi ini.


Lokasi Candi Sambisari

Lokasinya berada di sekitar 10 Km dari Yogyakarta atau berada di sekitar 5 Km barat Candi Prambanan. Tepatnya lagi berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartini, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Apa yang harus dilakukan dan dilihat di candi ini?  



 
Jika Anda berkunjung ke Candi Prambanan bisa dilanjutkan untuk berkunjung ke candi ini. Candi ini sering disebut dengan kuil bawah tanah. Karena lokasi dari candi ini berada di sekitar 6,5 meter di bawah tanah. Sehingga banyak pengunjung yang terheran-heran setibanya mereka di lokasi tidak adanya candi yang terlihat. Anda harus berjalan maju terlebih dahulu baru terlihat pandangan yang begitu jelasnya dari kawasan candi.
 


Menurut perkiraan bahwa tempat wisata ini sebenarnya lebih besar dibandingkan dengan apa yang bisa dilihat sekarang. Akan tetapi ada alasan tertentu dari arkeolog. Yaitu dikatakan bahwa candi tidak dapat digali lebih dalam lagi ditakutkan jika musim hujan tiba air dari sungai di bagian barat akan membanjiri. Hal ini dikarenakan faktor ketinggian dari lahan. Tempat wisata candi ini terdapat sebuah candi utama dengan disertai tiga candi. 



Dua lapisan dinding yang dibuat dari batu putih berukuran 50 x 480 meter mengelilingi candi ini. Awal memang Nampak biasa-biasa saja, namun semakin dalam Anda memasuki candi ini bak kembali ke jaman kerajaan jaman dahulu. Langit lepas terlihat tepat di atas kepala Anda, semakin menghiasi pengabadian moment dalam foto.

Patung makara yang didukung oleh dua bintang katai akan terlihat oleh Anda ketika memasuki candi utama. Sedangkan di dalam candi induk terdapat patung lingga yang berada di atas yoni. Yoni adalah ibadah untuk Shiva. Candi utama di luar dinding mempunyai tiga relung di setiap sisinya dan diisi oleh patung-patung. Relung dibagian utara terdapat patung Dewi Durga, di bagian timur terdapat patung Ganesha ( Ganesha adalah manusia dengan kepala gajah), dan bagian selatan terdapat patung Agastya.

Terdapat tiga candi tambahan di daerah 4,8 meter dan ketinggian 5 meter di depan candi induk. Dan kuil-kuil tersebut dibangun tanpa mahkota. Ada platform persegi yang diberi hiasan naga dan lotus di dalam kuil-kuil tersebut. Dan platform tersebut berfungsi untuk meletakkan persembahan.

Tiket Masuk dan Sumber Informasi bagi Pengunung
 


Untuk memasuki candi, Anda cukup membayar tiket sebesar Rp 2.000 saja, murahkan? Sangat berbeda jauh dibandingkan dengan Candi Prambanan yang mempunyai harga tiket yang lumayan mahal.

Terdapat sebuah ruang informasi yang disediakan oleh pengelola dan dipenuhi dengan foto-foto selama penggalian dan rekontruksi berlangsung. Anda bisa melihat semuanya di sana, bagaimana bentuk sebelum dan setelah di rekontruksi.

Akses Menuju Candi Sambisari

Tidaklah sulit untuk akses menuju ke Candi Sambisari. Bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa sepeda motor maupun mobil bahkan transportasi umum juga bisa. Apabila via transportasi umum, Anda bisa mengambil rute bus Yogya – Solo ari Janti dan berhenti di Jalan Yogya – Solo Km 10 (harap memperhatikan tanda jalan). Dari arah sana, Anda bisa melanjutkanya dengan ojek motor ataupun taksi denganmenempuh perjalanan sekitar 2 kilometer.

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi malah lebih mudah lagi, jalan yang diambil juga sama tergantung dari mana Anda berjalan. Okay, silakan browsing-browsing dulu sebelum memutuskan untuk ke sana.



Berkaitan dengan Wisata Jogjakarta Candi Sambisari:

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar