• Home
  • Sitemap
  • Pasang Iklan

Wisata Kota Bandung Geology




Museum Geology merupakan tempat wisata bersejarah yang terletak di Kota Bandung, Jawa Barat. Banyak pengujung yang datang karena letaknya sangat strategis yang terletak di pusat kota, aksesnya sangat mudah. Wisata Kota Bandung ini didirikan pada tanggal 16/05/1928 Di Museum Geologi ini dibagi menjadi 2 lantai. Masing-masing mempunyai ruangan tersendiri.

Lantai 1 terdapat 3 ruangan yang memiliki fungsi berbeda-beda. Dari barat terdapat ruangan Barat (sayap barat) yang berisi tata surya, koleksi mengenai bumi, keadaan geologi Jawa, Sulawesi, Irian Jaya, Nusa Tenggara, Sumatera, Maluku. Selain itu juga trdapat fosil-fosil manusia Darwin. Ruangan ini juga disebut Ruang Geologi. Sedangkan ruang tengah (Ruang Orientasi) sejajar dengan pintu masuk museum terdapat peta geografis negara Indonesia (dalam bentuk relief)




Satu lagi ruangan yaitu ruangan sebelah timur (sayap timur) yang berisikan gambaran sejarah tentang perkembangan maupun pertumbuhan makhluk hidup. Sehingga di dalam ruangan ini terdapat banyak fosil purbakala seperti fosil hominid,kerbau, badak, gajah dan masih banyak lagi lainnya. Selain fosil binatang di sana terdapat juga fosil tumbuhan. Ada fosil tengkorak manusia yang ditemukan di Indonesia, yaitu fosil Homo Eractus P. VIII.

Untuk ruangan yang ada di lantai 2 ini terbagi menjadi 3, sama dengan yang ada di lantai 1. Akan tetapi fungsinya berbeda. Untuk ruangan yang berada di Barat berfungsi sebagai kantor para karyawan maupun staff museum. Sedangkan untuk ruangan tengah dan timur berfungsi ruang geologi tentang kehidupan manusia.

Ruang tengah lantai 2 ini berisi tentang informasi maket pertambangan emas paling besar di dunia, yang terletak di Pegunungan Tengan Irian Jaya seperti, Miniatur pengeboran gas bumi., Bebatuan asal Papua (Irian Jaya)dan Miniatur pengeboran minyak bumi. Sedangkan pada ruangan timur terdapat ruang-ruang kecil dan disitu memberikan beberapa gambaran entah positif maupun negatif tentang tatanan geologi untuk kehidupan manusia, Indonesia khususnya.

Untuk Akses transport

1. Pintu sebelah selatan atau Terminal Stasiun Hall


 

Anda dapat menggunakan angkota jurusan Stasiub Hall-Sadang Serang. Warna angkotnya hijau kuning hijau nomor 10. Setelah itu berhenti di pertigaan Masjid Pusdai. Belum sampai wisatawan harus berganti angkot lagi dengan warna lain yaitu hijau hitam Jalur Cicaheum-Ledeng dengan tujuan Ledeng nomornya 05. Setelah itu turun museum Geologi.

2. Pintu sebelah utara atau Jalan Kebun Kawung.


 

Alternatif yang kedua ini anda bisa ikut angkot dengan jurusan Tegalleg-Cisitu yang bernomor 26 (berwarna ungu hijau) mintalah berhenti di pasar Balubur. Kemudian berada di seberang jalan naik angkot lagi jurusan Ledeng-Cicaheum bernomr 05 (warna hijau-hitam).anda langsung bisa diantar di depan museum.

Jam Buka Museum

Jadwal Jam Buka Museum:

Senin-Kamis : pukul 08.00 -16.00 WIB

Sabtu-Minggu : pukul 08.00-14.00

Untuk hari Jum’at dan hari libur nasional museum tutup.

Biaya tiket masuk ticket fee

Biaya Tiket Masuk

Pelajar/Mahasiswa : Rp 2.000

Wisatawan Domestik : Rp 3.000

Wisatawan Mancanegara : Rp 10.000

Berkaitan dengan Wisata Kota Bandung Geology :

Share on :
Comments
0 Comments

Posting Komentar